Press ESC to close

Ulasan Ayam Goreng Berkah Jaya Sleman yang Gurih dan Nikmat

Ayam goreng Berkah Jaya jadi highlight kuliner-ku di satu minggu terakhir. Ketertarikan berawal dari logo ayam dengan nuansa modern dan eye-catching, kemudian meyakinkanku untuk mencicipi kuliner ayam goreng yang kerap aku lewati hampir setiap hari. Ternyata, ayam goreng, kremes, dan sambalnya lezat dan patut untuk dicicipi!

Bermula dari Logo Ayam Goreng Berkah Jaya

Menemukan rumah makan ayam goreng Berkah Jaya sebenarnya sudah sejak beberapa bulan lalu. Lokasinya berada di tepi Jalan Kaliurang, yang mana selalu aku lalui hampir setiap hari. Sudah masuk di ‘radar’-ku memang, namun baru-baru ini aku memutuskan untuk mengunjunginya. Sebenarnya, yang membuatku tertarik mencoba awalnya dikarenakan logo warungnya yang menarik dan meyakinkan kalau makanannya enak.

Logo Ayam Goreng Berkah Jaya
Logo Ayam Goreng Berkah Jaya di Malam Hari

Kunjungan pertamaku tak lain hanya untuk menguji validitas keyakinanku. Dan ternyata, ketika aku coba mengunjungi dan mencicipi ayam gorengnya beserta side dish serta sambelnya sesuai dengan ekspektasiku. Pengalaman berikutnya pun terus mengukuhkan kesan positif ini. Sekarang, setelah tiga kunjungan, aku ingin berbagi pengalaman serta ulasanku tentang Rumah Makan Ayam Goreng Berkah Jaya.

Suasana Rumah Makan Ayam Goreng Berkah Jaya

Rumah makan Berkah Jaya mengusung konsep open kitchen yang dapurnya berada di bagian depan bangunan. Saat mengunjunginya, aku langsung disambut oleh dapur masaknya. Jadi, pelanggan bisa sambil menyaksikan proses pembuatan makanannya.

Ruang Makan Ayam Goreng Berkah Jaya
Ruang Makan Ayam Goreng Berkah Jaya

Sementara itu untuk ruangan makannya biasa saja, sama seperti warung makan pada umumnya. Meja kursinya tidak banyak, tapi cukup buat melayani beberapa pelanggan. Suasana sekitarnya pun cukup bersih, tersedia wastafel yang terawat dan wangi serta tisu yang berada di pojok sebelah kasir.

Menu Ayam Goreng Berkah Jaya

Makanan dan minuman yang disediakan Berkah Jaya sangat sederhana. Menu utamanya adalah ayam goreng kampung yang bisa dipesan bagian paha atas atau dada, dengan makanan pendukung lainnya seperti kepala ayam, tahu, tempe, pete, brokoli tumis, pakcoy tumis, dan ekstra sambal bawang atau merah. Sedangkan minumannya ada teh, jeruk, lemon tea, dan air putih.

Baca Juga  Kopilimo Cafe & Homestay, Penginapan Asri Pedesaan di Gunungkidul

Pemesanan

Sayangnya di Berkah Jaya belum ada menu paketan. Kalau mau pesan makanannya a la carte. Jadi, pesan ayam goreng kampung, nasi putih, makanan pendamping, dan minuman. Tapi, tenang aja karena nasi dan ayam goreng kampungnya nggak dateng sendirian karena dilengkapi dengan side dish pendukung yang sudah satu porsi dengan nasi dan ayam gorengnya.

Tumis Pakcoy Berkah Jaya
Tumis Pakcoy Berkah Jaya

Nasi putihnya ditemani dengan lalapan kol atau kubis dan timun dengan potongan memanjang. Porsi nasinya pas buatku. Enggak yang terlalu dikit, dan juga enggak kebanyakan. Jadi, setiap aku makan di Berkah Jaya, nasinya selalu habis.

Sementara ayam goreng kampungnya ditemani dengan kremesan, sambal, dan tumis kangkung.

Ayam Goreng Kampung dan Sajian Pendamping, Gurih dan Nikmat

Ayam goreng kampung yang disajikan Berkah Jaya fresh from penggorengan, alias masih panas banget ketika dihidangkan. Digorengnya juga oke, terlihat dari warna cokelat keemasan dan kering di bagian kulit atau luar ayamnya. Selain itu, yang paling menarik dari menu utama ini adalah kremesannya!

Menu ayam goreng kampung dibarengi dengan kremesan yang disajikan bersama ayam goreng kampung dalam satu piring, tumis kangkung di mangkok mini, dan sambal bawang. Biasanya, aku makan di Berkah Jaya untuk berdua, dan dapat juga satu porsi kecil sambal merah.

Hidangan Menu Ayam Goreng Berkah Jaya
Hidangan Menu Ayam Goreng Berkah Jaya

Cita rasa ayam goreng kampung Berkah Jaya cukup gurih dengan tekstur agak renyah di bagian luarnya, serta empuk di bagian dagingnya. Bumbu gurih ayamnya ini menurut aku pas, sih, enggak yang berlebihan rasanya. Sementara itu untuk kremesannya sangat renyah dan justru lebih gurih asin dibandingkan ayamnya, yang membuat perpaduan ayam dan kremes ini cocok banget dan nggak bisa dipisahkan😁

🍟Kremesan
Keunikan dari kremesan Berkah Jaya ada pada bentuknya. Biasanya kremesan ayam goreng bentunya mirip seperti kerupuk gitu, ya, berupa lembaran atau serpihannya. Kremesan di Berkah Jaya ini beda. Bentuknya bulat kecil-kecil, seperti bulir-bulir gitu.

Ayam Goreng Kampung dan Tahu Berkah Jaya
Ayam Goreng Kampung, Kremesan dan Tahu Berkah Jaya

Rasa kremesannya ini gurih banget! Kremesannya ini yang bikin ayam goreng kampungnya jadi terasa spesial, karena memberikan booster rasa gurih asin di ayam goreng kampungnya. Kremesan yang disajikan pun cukup banyak. Pas buat menghabiskan ayam goreng kampung dan nasinya.

🍛 Tumis Kangkung
Aku senang banget waktu pertama kali makan di Berkah Jaya, ketika makanan dihidangkan ada si tumis kangkung ini. Karena aku suka banget sama tumis kangkung. Penyajiannya di mangkok mini, jadi porsinya sedikit. Yaiyalah, gratisan juga menu pendamping. Meski sedikit, aku puas banget sama tumis kangkungnya karena rasanya enak gurih banget dan menurutku porsinya pas buat nemenin makan ayam goreng kampungnya aja. Apalagi, tumis kangkungnya juga diberikan sedikit kuahnya, bisa nyeruput tipis-tipis karena menurutku bagian terbaik dari tumis kangkung adalah di gurih kuahnya.

Baca Juga  Otter Blocks, Plugin Builder WordPress yang Praktis dan Fleksibel

🌶️ Sambal Bawang & Sambal Merah
Ada 2 jenis sambal di Berkah Jaya, yaitu Sambal Bawang sebagai sambal utamanya dan ada juga Sambal Merah sebagai pelengkap. Sambal Bawang cocok buat pecinta pedas gurih. Level pedasnya menengah ke atas kali, ya. Aku nggak bisa makan makanan pedas banget, tapi menurutku sambal bawangnya masih bisa aku nikmati meskipun cuma dicocol aja.

Tumis Kangkung, Sambal Bawang, dan Sambal Merah
Tumis Kangkung, Sambal Bawang, dan Sambal Merah

Sambal merahnya cenderung tidak terlalu pedas. Tingkat kepedasannya jauh di bawah sambal bawang. Buat yang kurang suka pedas atau nggak bisa makan yang pedas banget seperti aku, cocoknya makan ayam goreng kampung pakai sambal merah ini. Rasanya didominasi manis, meski ada gurihnya sedikit. Menurut aku, sambal merahnya ini juga enak buat dimakan bareng ayam goreng kampung dan kremesannya.

Minuman: Es Teh Tawar

Seperti biasa, minuman andalanku ketika kulineran adalah es teh tawar. Meski sederhana, aku juga kadang merhatiin rasanya berhubung teh lokal kan banyak banget, ya, baik dari merk maupun cita rasanya. Apalagi kalau di wilayah Jogja, banyak rumah makan yang bikin teh oplosan.

Teh di Barokah Jaya tampilan warnanya cokelat agak kemerahan, enggak begitu pekat. Kalau rasanya, menurutku cenderung agak mild, meskipun enggak tawar banget seperti air putih, masih ada sedikit pahitnya walaupun samar-samar. Bagiku, pas buat sekadar melepas dahaga (dan kepedasan), karena rasanya cukup enggak yang terlalu pahit atau terlalu tawar.

Pelayanan Ramah dan Satset

Pelayanannya sangat baik, sebab ketika pengunjung baru tiba dan masuk, mas-mas di kasir langsung sigap menyiapkan kertas pesanan dan pulpennya serta diantarkan ke meja pelanggan. Masnya juga friendly banget, murah senyum ke pelanggan. Karena aku sudah tiga kali makan di Berkah Jaya, masnya sampai hafal kalau aku selalu pesan ayam goreng bagian paha. Pernah suatu hari aku makan di sana, saat aku mau mengambil kertas pesanan, masnya langsung bilang kalau ayam goreng bagian pahanya lagi kosong sebelum aku tanya. 😀

Baca Juga  Belajar Fullstack Digital Marketing di Belajarlagi

Selain mas bagian kasir, ada juga yang bertugas di masing-masing bagian dapur makanan dan minuman. Mereka juga sigap banget, setelah kertas pesanan diserahkan ke kasir, langsung diproses pesanannya dan nggak butuh waktu lama menunggu sajian dihidangkan.

Mas Pramusaji dan Kasir Ayam Goreng Berkah Jaya
Mas Pramusaji dan Kasir Ayam Goreng Berkah Jaya

Pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan cash atau QRIS. Buatku yang sudah terbiasa jadi si paling QRIS, keberadaannya ini sangat membantu. Jadi, tenang aja kalau nggak bawa cash, karena bisa bayar melalui QRIS.

Pengalaman Kuliner yang Memuaskan

Bisa dibilang aku cukup puas dengan Berkah Jaya, baik dari segi rasa makanannya sampai ke pelayanannya. Awalnya, memang agak ragu mau mampir nyobain karena setiap lewat sering sepi pelanggan. Tapi ternyata, ayam goreng beserta side dish-nya yang gurih berhasil bikin aku jadi repeater. Sayang sekali makanan Berkah Jaya yang lezat ini dilewatkan oleh banyak orang, karena ayam goreng kampungnya recommended untuk dicicipi.

Selain menu makanannya, hal lain yang perlu diapresiasi adalah pelayanannya yang ramah, gesit, ruang makan yang bersih, dan yang paling penting bisa bayar pakai QRIS! Jadi semakin puas pengalaman kulineran di Berkah Jaya. 😄

Harga dan Lokasi Ayam Goreng Berkah Jaya

Harga menu utama ayam goreng kampungnya Rp23,000. Pas lah untuk ayam goreng kampung. Apalagi dengan harga segitu sudah termasuk kremesan, tumis kangkung, dan sambal, menurutku sangat sepadan dengan porsi dan rasanya.

Selain ayam goreng, untuk harga makanan lainnya juga masih terjangkau banget. Nasi putih 1 porsi harganya Rp4,000 sudah sama lalapan, tahu atau tempe masing-masing porsi Rp3,000-an, brokoli atau pakcoy tumis masing-masing Rp8,500. Sedangkan harga minuman es teh tawar Rp4,000. Minuman lain pun harganya kurang dari Rp10,000.

Tampilan Depan Rumah Makan Ayam Goreng Berkah Jaya
Tampilan Depan Rumah Makan Ayam Goreng Berkah Jaya

Rumah makan Berkah Jaya berlokasi di tepi jalan utama Jalan Kaliurang KM 9, jadi sangat mudah ditemukan. Ciri-ciri rumah makannya bisa dilihat dari logo ayam dengan nuansa merah dan biru bertuliskan Berkah Jaya. Rumah makan ayam goreng Berkah Jaya buka setiap hari (kecuali hari Rabu), pukul 11.00 – 21.00 WIB.

Mari nikmati gurihnya ayam goreng Berkah Jaya~ 🍗🤤

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *