Press ESC to close

5 Rekomendasi Kuliner Tradisional Legendaris Khas Jogja

Berwisata ke Jogja tidak lengkap tanpa mencicipi sajian tradisional khas Jogja. Selain tempat wisata, kuliner Jogja sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Banyak sekali pilihan kuliner tradisional khas Jogja yang tersedia dan tentunya menggugah selera. Daripada bingung mau mencicipi yang mana, baca dulu 5 rekomendasi kuliner tradisional legendaris khas Jogja yang wajib disantap berikut ini!

1. Gudeg Pawon

Ilustrasi Gudeg
Sumber foto: shutterstock

Gudeg merupakan makanan tradisional yang sudah pasti tak boleh dilewatkan saat berwisata ke Jogja. Banyak sekali tempat makan gudeg yang dapat dijumpai. Tapi, ada satu tempat makan gudeg yang terkenal dan unik, yaitu Gudeg Pawon. Salah satu keunikan Gudeg Pawon ada pada cara penyajiannya.

Sesuai dengan nama tempat makannya, yaitu pawon yang berarti dapur, pembeli dapat bebas memilih dan mengambil langsung menu yang tersedia di dapur. Hal unik lainnya dari Gudeg Pawon ialah waktu bukanya tidak seperti tempat makan gudeg kebanyakan pada malam hari. Meskipun begitu, Gudeg Pawon tetap ramai hingga tengah malam karena rasanya yang sudah pasti tidak diragukan kelezatannya.

2. Sate Klatak Pak Jede

Sate Klatak Pak Jede
Sumber foto: sahabatufs.com

Untuk penikmat daging kambing, sate klatak adalah kuliner tepat yang harus dicicipi saat di Jogja. Sate klatak memiliki perbedaan dari sate kambing pada umumnya. Jika sate kambing biasa menggunakan bumbu kacang dan kecap, maka bumbu sate klatak berbahan garam, merica, bawang, dan kuah yang khas.

Baca Juga  Alasan Small Business Owner Harus Ikut FSDM Bootcamp Belajarlagi

Cara penyajiannya pun berbeda, sate klatak disajikan tidak menggunakan bambu, tetapi dengan ruji motor. Warung sate klatak yang wajib dikunjungi di Jogja salah satunya adalah Sate Klatak Pak Jede. Tekstur sate klataknya empuk dan juicy, sedangkan cita rasanya gurih. Selain sate klatak, warung Pak Jede juga menyajikan berbagai menu lain berbahan dasar daging kambing yang tidak kalah nikmatnya.

Baca Juga: Pengalaman Omakase Terbaik di Izakaya Jogja

3. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto
Sumber foto: Gulalives

Mangut lele merupakan makanan tradisional yang sederhana dan memiliki rasa yang gurih. Sesuai namanya, makanan tradisional satu ini menggunakan ikan lele sebagai bahan dasar utama yang disajikan dengan kuah santan berbumbu pedas. Olahan lele tersebut bisa disajikan dengan cara digoreng atau diasap.

Mangut Lele Mbah Marto adalah salah satu warung yang sangat terkenal di Jogja. Selain cita rasa mangut lelenya yang sedap dan gurih, suasana warung Mangut Lele Mbah Marto juga unik karena konsepnya yang open kitchen. Artinya, pembeli bisa masuk ke dapurnya dan menyaksikan cara pembuatan Mangut Lele secara langsung. Tak hanya itu, orang-orang di warung Mangut Lele Mbah Marto juga ramah, lho.

4. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti
Sumber foto: Jogjakita.co.id

Makanan khas Jogja satu ini cocok banget buat pecinta pedas. Sebab, oseng mercon merupakan masakan yang terbuat dari olahan sapi, baik berupa daging, kikil, lemak, kulit, dan sebagainya, yang dimasak dengan minyak dan cabe rawit. Warung oseng mercon yang melegenda di Jogja dan wajib dicicipi yaitu Oseng Mercon Bu Narti.

Baca Juga  Pengalaman Merawat Tanaman Daun Mint untuk Pemula

Oseng Mercon Bu Narti sudah sangat terkenal sebagai pelopor masakan super pedas di Jogja. Rasa oseng merconnya sudah tidak diragukan lagi, dijamin pedas gurih. Selain menyajikan lauk dengan olahan sapi, ada juga pilihan menu lainnya seperti ayam, lele, burung dara, hingga puyuh.

Baca Juga: Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam di Cam On Jogja

5. Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa Mbah Gito
Sumber foto: niagatour.com

Bakmi jawa merupakan makanan sajian mie yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi wisatawan. Rasa kuahnya yang gurih dan aromanya yang sedap membuat masakan satu ini wajib disantap saat berwisata di Jogja. Warung bakmi jawa banyak dijumpai di setiap sudut Jogja, tapi ada satu tempat makan bakmi jawa yang wajib dikunjungi saat berada di Jogja, yaitu Bakmi Jawa Mbah Gito.

Masakan bakmi jawa Mbah Gito sudah sangat terkenal akan kelezatannya. Bakmi Godhog menjadi menu utama yang laris disantap oleh pengunjung warung Mbah Gito. Suasana warung Mbah Gito juga tak kalah menarik. Hampir seluruh interiornya berbahan dasar kayu dengan bentuk yang unik. Selain itu, staf warung Bakmi Jawa Mbah Gito juga sangat ramah melayani pembeli. Maka, tak heran warung Bakmi Jawa Mbah Gito selalu ramai pengunjung.

 

Wah, jadi ngiler banget pengen wisata kuliner di Jogja. Yuk, langsung aja buat rencana wisata kuliner di Jogja bersama Traveloka Xperience. Kamu bisa berwisata ke Jogja tanpa ribet dan menikmati kelezatan sajian kuliner khas Jogja yang nikmat. Tunggu apalagi? Pesan kebutuhan perjalananmu untuk wisata kuliner ke Jogja sekarang juga dengan Traveloka Xperience!

Baca Juga  Mencicipi Sajian Kuliner Vietnam di Cam On Jogja

Postingan ini bertujuan untuk memenuhi Tugas SEO, DGM Bootcamp Belajarlagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *