Press ESC to close

Rekomendasi dan Harga Steril Kucing Sleman

Steril kucing merupakan salah satu cara untuk menunjukkan perhatian kita kepada anak bulu kesayangan. Setelah menabung berbulan-bulan, akhirnya aku bisa juga steril dua kucing kesayanganku, Cimol & Timi. Nah, di tulisan ini aku mau berbagi info tentang rekomendasi dan harga steril kucing di Sleman.

Alasanku Steril Kucing

Aku pelihara Timi sudah terhitung dua tahun, sedangkan Cimol tidak jauh setelah ku pelihara Timi. Keduanya kucing betina yang sehat dan aktif.

Entah berapa kali aku menghadapi musim kawinnya mereka, mungkin sekitar tiga kali. Dan ketiga kali itu juga mereka hamil dan melahirkan anak-anak bulu yang lucu. Sayangnya, karena terlalu cepat siklus kawin dan melahirkan, membuat aku keteteran merawat mereka.

Lalu, aku putuskan untuk melakukan steril ke Timi dan Cimol. Selain untuk menghentikan mereka untuk melahirkan dan merawat kitten, aku harap dengan steril bisa membuat hidup keduanya menjadi lebih sehat dan bahagia. Lebih dari itu, ada beberapa manfaat melakukan steril kucing.

Rekomendasi dan Harga Steril Kucing di Sleman

Ternyata untuk melakukan steril kucing itu perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Sebelum aku pergi ke klinik hewan, aku sudah mencari informasi berapa kisaran harga untuk steril kucing.

Informasi yang aku dapatkan untuk steril kucing betina biayanya lebih mahal dibandingkan dengan steril kucing jantan. Kisaran harga steril kucing betina sekitar Rp500ribu lebih, sedangkan kucing jantan sekitar Rp300ribu. Tentu saja harga steril kucing bervariasi di setiap daerah dan klinik hewan.

Aku perlu nabung beberapa bulan untuk bisa steril kucingku. Setelah sudah terkumpul kurang lebih kisaran harga biaya steril, aku datangi klinik hewan terdekat dari dekat rumahku, yaitu Kiara Petcare dan Bhumi Petcare. Aku melakukan steril kucing di kedua klinik hewan tersebut untuk Cimol dan Timi.

Oh iya, sebelum melakukan steril kucing betina, sangat disarankan untuk vaksin anak bulu dulu. Minimal satu kali vaksin. Karena, risiko steril kucing betina lebih tinggi dibandingkan kucing jantan. Jadi, pastikan untuk vaksin dulu sebelum steril kucingnya, ya!

Steril Kucing di Kiara Petcare

Aku sudah sering menggunakan layanan di Kiara Petcare. Entah untuk grooming kucingku, vaksin, sampai rawat jalan ketika kucingku sakit. Layanan di Kiara Petcare sangat memuaskan, karena selain dokter dan asistennya ramah serta informatif, fasilitas yang ada di sana juga cukup lengkap.

Baca Juga  5 Rekomendasi Kuliner Tradisional Legendaris Khas Jogja
Instagram Kiara Petcare
Instagram Kiara Petcare

Sebelum steril, aku melakukan vaksin terlebih dulu ke Cimol. Kalau enggak salah ingat, vaksin yang digunakan adalah vaksin F3 dengan biaya kurang lebih Rp175ribu. Tentu saja sebelum vaksin, Cimol sudah minum obat cacing beberapa hari sebelumnya.

Jarak setelah vaksin ke steril kucing sekitar satu minggu. Jadi, seminggu kemudian Cimol langsung disteril.

Harga steril kucing betina di Kiara Petcare yaitu Rp500ribu. Biaya ini belum termasuk rawat inap dan obat. Kucing betina wajib diinapkan minimal satu hari karena memerlukan pemantauan dan waktu pemulihan pasca operasi. Sementara itu, Cimol aku inapkan 3 hari karena bertepatan dengan tanggal merah dan Kiara Petcare tutup.

Sayangnya aku lupa berapa biaya rawat inap kucing di Kiara Petcare, kalau enggak salah kurang lebih sekitar Rp30-40ribu. Untuk obat pasca steril, kisaran Rp20-30ribu.

Jadi, kemungkinan total harga steril kucing betina di Kiara Petcare sekitar Rp600ribu, termasuk rawat inap dan obat. Kalau ditotal dengan biaya vaksin F3 satu kali sebelum steril, jumlahnya kisaran Rp780ribu.

Aku pernah tanya juga biaya untuk steril kucing jantan. Harganya kurang lebih sekitar Rp300ribu-an. Untuk kucing jantan tidak diwajibkan menginap dan bisa langsung dipulangkan.

Review Steril Kucing Betina di Kiara Petcare

Hal yang aku suka dari pelayanan steril di Kiara Petcare adalah mereka rajin memberikan info terkait kondisi anak bulu. Mulai dari setelah dilakukan operasi, sampai mengabari kondisi kucing setiap harinya.

Kabar yang diberikan seperti kondisi kesehatan, nafsu makan, buang air, bahkan sampai dikirimkan video kucing kita lagi ngapain. Aku suka banget dikabarin tanpa ditanya dulu seperti ini. Jadi merasa lega karena tahu kondisi anak buluku gimana.

Saat menjemput Cimol, aku diberikan informasi mengenai perawatan pasca operasi yang harus aku lakukan. Selain itu juga diberikan obat antibiotik yang harus dikonsumsi Cimol. Kurang lebih obat antibiotik itu untuk 5 hari.

Jahitan bekas operasi steril Cimol pun rapi. Jadi, kondisi Cimol setelah steril cukup baik.

Lokasi Kiara Petcare

Kiara Petcare terletak di daerah Jalan Rejodani, Sleman. Informasi lebih lengkap terkait pelayanan di Kiara Petcare, bisa langsung tanyakan aja via Instagram-nya. Di Instagram-nya juga ada nomor WA yang dapat dihubungi untuk respon yang lebih cepat. Adminnya aktif, kok. Jadi, bisa banget langsung tanyakan terkait seputara layanan di Kiara Petcare. 😉

Baca Juga  Review Steelseries Arctis Nova 1, Gaming Headphone Multiguna

Baca Juga: Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di RSUD Jogja

Steril Kucing di Bhumi Petcare

Selain berobat di Kiara Petcare, aku juga kadang berobat anak bulu di Bhumi Petcare. Pelayanannya juga menurut aku memuaskan. Enggak berbeda jauh dengan Kiara Petcare, di Bhumi Petcare dokter hewannya ramah dan informatif serta fasilitas kesehatan hewan di sana juga cukup lengkap.

Giliran Timi yang aku steril di Bhumi Petcare. Sama seperti Cimol, sebelum Timi disteril, aku beri obat cacing dan vaksin lebih dulu. Obat cacing aku berikan tiga hari sebelum vaksin. Timi aku vaksin di Bhumi Petcare juga. Vaksinnya F3 dengan harga Rp175ribu. Selang satu minggu lebih setelah vaksin, Timi aku steril di Bhumi Petcare.

Instagram Bhumi Petcare
Instagram Bhumi Petcare

Harga steril kucing betina di Bhumi Petcare adalah Rp550ribu. Biaya tersebut sudah termasuk rawat inap semalam dan obat. Namun, belum termasuk pemeriksaan dokter sebelum steril. Untuk pengecekan kesehatan Timi sebelum steril, biayanya Rp40ribu.

Timi aku inapkan satu hari lagi setelah steril, karena ternyata Timi mengalami kondisi kesehatan yang kurang baik yaitu darahnya yang sulit mengering. Biaya rawat inap kucing di Bhumi Petcare Rp40ribu/malam. Obat pasca steril untuk Timi enggak hanya antibiotik, tapi juga ada anti nyeri dan salep luka untuk jahitan bekas operasi. Obat-obatan ini sudah termasuk ke dalam biaya steril, jadi aku enggak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Jadi, total harga yang aku keluarkan selama proses vaksin dan steril Timi di Bhumi Petcare kira-kira Rp805ribu.

Review Steril Kucing di Bhumi Petcare

Sebelum Timi disteril, aku meminta dokter hewan yang bertugas untuk memeriksa kondisi kesehatan Timi terlebih dulu. Sebab, Timi adalah kucing yang gampang sakit dan aku khawatir kalau-kalau Timi enggak bisa disteril karena kondisinya kurang baik. Tapi, setelah diperiksa ternyata Timi sehat dan bisa untuk steril.

Setelah Timi aku tinggal di Bhumi Petcare di siang hari hingga keesokan paginya aku belum mendapatkan kabar operasi Timi. Barulah agak siangan dikabari kalau kondisi Timi sudah sadar setelah operasi. Tapi, enggak lama setelahnya aku dikabari lagi kalau ternyata Timi memiliki kondisi khusus darahnya enggak mudah mengering. Jadi, aku putuskan untuk rawat inap Timi satu malam lagi hingga kondisinya lebih stabil.

Timi kucing betina sedang tidur dengan perut tampak jahitan bekas operasi steril
Nyonya Timi sedang tidur dengan posisi perut terlihat jahitan bekas operasi steril

Kabar yang diberikan oleh Bhumi Petcare tanpa foto atau video kondisi Timi. Jadi, aku yang meminta mereka untuk mengirimkan foto atau video Timi saat itu dan kemudian dikirimkan.

Baca Juga  Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba di RSUD Jogja

Setelah Timi bisa dijemput, dokternya informatif memberitahu apa aja yang perlu aku lakukan untuk merawat Timi pasca-operasi, termasuk diberitahu cara untuk meminumkan obat ke Timi.

Sementara itu, jahitan bekas operasi steril Timi benangnya kentara banget. Timi juga harus diberikan salep tipis untuk mengeringkan lukanya. Jadi, agak hati-hati juga mengoleskan salep di kulit dan benang bekas jahitan Timi. 😅

Sejauh ini, kondisi pasca-operasi steril Timi cukup baik meskipun Timi masih terlihat belum aktif bergerak. Doakan semoga Timi kembali pulih dan aktif, ya, teman-teman! 😺

Lokasi Bhumi Petcare

Bhumi Petcare lokasinya lebih strategis, yaitu berada di Jalan Kaliurang KM 10.

Kamu juga bisa langsung menghubungi Bhumi Petcare melalui Instagram karena adminnya juga responsif. 😊

Berikut lokasi Bhumi Petcare melalui Google Maps.

Baca Juga: Konseling Psikolog Menggunakan BPJS di Puskesmas

Tips Perawatan Steril Kucing

Aku mau berbagi tips sebelum melakukan steril kucing dan mungkin cara menghemat pengeluaran. Tapi, ini tergantung klinik hewannya juga, sih.

Waktu terbaik untuk membawa kucing ke klinik hewan untuk steril adalah pagi hari. Pastikan kucing puasa dulu alias tidak makan beberapa jam sebelumnya, karena kan mau dioperasi bagian perut.

Kalau di Kiara Petcare, bawa kucing sejak pagi dan sudah puasa semalaman katanya bisa langsung melakukan tindakan operasi di hari itu juga. Jadi, kemungkinan kucing sudah bisa dijemput pulang keesokan harinya jika kondisinya baik. Cukup rawat inap semalam aja.

Kemarin saat aku steril Cimol, dia aku bawa di sore hari dan kondisinya baru beres makan. Aku putuskan untuk dirawat semalam dulu dan disteril besok, jadinya aku menambah biaya rawat inap. Belum lagi ditambah ada tanggal merah. Jadilah Cimol menginap lebih dari semalam dan ada biaya tambahan menginap.

Setelah disteril untuk menjaga kondisi kesehatan anak bulu pasca operasi, pastikan kucing selalu diperhatikan dan kalau perlu dikandangi supaya tidak aktif bergerak hingga bekas operasinya pulih total.


Baik Kiara Petcare maupun Bhumi Petcare, menurutku keduanya sama-sama recommended untuk steril kucing atau mengecek kesehatan anak bulu kesayangan. Harga steril kucing keduanya juga enggak berbeda jauh dan pelayanannya juga baik.

Jadi, yuk, steril kucing kamu supaya anak bulu kesayangan lebih sehat dan bahagia. 😺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *