Press ESC to close

Review Steelseries Arctis Nova 1, Gaming Headphone Multiguna

Semenjak menggunakan TWS, aku seringkali mengalami kendala yaitu batre habis dan kalau dibuat online meeting suaraku tidak terdengar jelas. Kemudian aku memutuskan untuk mencari wired headphone untuk menghindari kendala itu lagi. Setelah riset sana sini, akhirnya aku mengambil gaming headphone Steelseries Nova 1.

Steelseries Arctis Nova 1, Headphone yang Aku Butuhkan

Selain karena masalah TWS yang kadang kurang cocok di aku, keputusan membeli headphone juga dikarenakan lebih praktis digunakan untuk aku yang berjilbab. Enggak perlu nyelip-nyelipin headset ke telinga dari dalam jilbab, yang kadang ribet apalagi kalau lagi di jalan.

Sedikit profilku dalam mencari headphone yang aku butuhkan, aku bukan seorang audiophile, jadi nggak perlu headphone dengan kualitas suara yang sangat sangat mumpuni. Aku suka bermain game multi-platform dan sering melakukan online meeting, baik di rumah maupun secara mobile. Meski begitu, aku pengin headphone yang aku cari bisa ku gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Setelah mengumpulkan permasalahan dan menimbang-nimbang soal kebutuhanku, akhirnya aku memutuskan untuk meminang Steelseries Nova 1~ 🎧

Steelseries Arctis Nova 1 Real Pic
Steelseries Arctis Nova 1

Berikut sejumlah alasan yang membuatku akhirnya memilih Steelseries Arctis Nova 1 yang merupakan best budget headphone versi Tom’s Guide. πŸ‘‡

Ringan dan (Cukup) Compact

Headphone, khususnya yang untuk gaming, umumnya memiliki bentuk yang cukup besar dan memakan tempat. Aku yang sedang mencari headphone salah satunya untuk kebutuhan mobile, merasa cukup tricky untuk mencari headphone yang compact. Apalagi dengan budget yang cukup terbatas.

Aku memilih Steelseries Arctis Nova 1 karena 2 hal, yaitu earcupnya bisa diputar untuk menghemat ruang dan kabelnya yang bisa dilepas. Memang headphone ini tidak bisa dilipat lebih kecil, tapi menurutku dua hal itu sudah cukup untuk penyimpanan headphone ini.

Aku juga sudah mencoba menyimpan Steelseries Arctis Nova 1 ke dalam pouch headphone biasa dan muat! Pouch headphone-nya aku beli di marketplace dengan harga yang sangat terjangkau. Lumayan buat menyimpan si putih ini dengan aman. 😁

Baca Juga  Otter Blocks, Plugin Builder WordPress yang Praktis dan Fleksibel

Oh iya, headphone ini memiliki bobot yang sangat ringan, beratnya 236g saja. Bahkan termasuk ke dalam kategori ultra lightweight headphone. πŸͺΆ

Retractable Mic

Steelseries Arctis Nova 1 dilengkapi dengan mic yang bentuk dan fiturnya praktis. Meskipun mic-nya tidak bisa dilepas, namun fitur penyimpanan mic-nya yang membuatku sangat tertarik dengan headphone ini.

Mic headphone ini dilengkapi dengan kompartemen khusus yang membuatnya bisa disembunyikan dengan mudah. Cara membuka mic-nya cukup ditarik, dan didorong atau dimasukkan kembali ke kompartemen jika tidak digunakan. Kalau mic-nya disimpan, benar-benar nggak kelihatan headphone ini ada mic-nya. Memecahkan masalahku yang sering online meeting. Enggak perlu khawatir suara kurang terdengar jelas lagi. πŸ‘

Steelseries Arctis Nova 1 Sample via steelseries.com
Steelseries Arctis Nova 1 Retractable Mic via steelseries.com

Sejujurnya, sebelum aku menemukan Steelseries Nova 1, aku tertarik dengan Razer BlackShark V2X karena fitur gamingnya yang cukup menarik (sudah dibekali dengan TriForce 50mm drivers dan 7.1 Surround Sound). Namun, setelah ternyata variabel kebutuhanku membeli headphone bertambah untuk mobile dan online meeting, rasanya headphone Razer ini terlalu mencolok. Aku juga sempat melirik model lain, yaitu Razer Kraken X yang bentuknya lebih sederhana. Tapi, karena micnya tidak bisa dilepas dan terlalu kelihatan, jadi aku urungkan membeli headphone tersebut juga. πŸ˜…

Kontrol di Headphone

Pada bagian earcup kiri headphone tersedia 2 kontrol yang bisa digunakan, yaitu tombol mute mic dan tombol scroll untuk pengaturan volume. Bagiku kedua kontrol ini sangat praktis digunakan terutama ketika ingin mengatur volume audio dengan mudah.

Control Onboard Steelseries Arctis Nova 1 via steelseries.com

Kontrol volume yang ada di headphone berbeda atau terpisah dengan yang di device. Misalnya, ketika mendengarkan audio di smartphone dan volume pada gawai sudah full, aku masih bisa meninggikan volume lewat kontrol headphone jika tombol scroll-nya belum mentok. Enggak seperti TWS yang aku miliki, ketika aku naikkan volume lewat TWS, volume bar di laptop atau smartphone juga ikut naik.

Pas untuk Segala Kegiatan dan Multi-platform

Bentuknya yang casual, mic yang bisa disembunyikan, ada tombol volume dan mute, kabel yang bisa dilepas. Semua ini fitur-fitur yang membuatku yakin kalau headphone ini yang aku cari-cari untuk digunakan di segala kegiatan. Mulai dari bermain game, online meeting, menonton film atau mendengarkan musik.

Baca Juga  Konseling Psikolog Menggunakan BPJS di Puskesmas

Steelseries Arctis Nova 1 yang dibekali dengan kabel jack 3.5mm menambah poin plus buatku. Artinya, headphone ini bisa dipakai di berbagai macam device. Laptop, console PS, dan smartphone (yang masih ada colokan 3.5mm) semuanya bisa pakai headphone ini. Me love it!

360Β° Spatial Audio

Meskipun Steelseries Arctis Nova 1 belum dilengkapi dengan 7.1 Surround Sound, headphone ini sudah dibekali dengan 360Β° Spatial Audio. Fitur ini menurut aku yang merupakan casual gamer (yang jarang bermain FPS game juga) sudah cukup untuk bermain game.

Fungsi dari 360Β° Spatial Audio adalah untuk memberikan suara lebih detail yang mengelilingi pengguna saat bermain game. Khususnya untuk FPS game, fitur ini sangat membantu untuk mendengarkan posisi lawan.

Fitur ini sudah aku rasakan ketika bermain Elden Ring. Jadi, misalnya ketika ada musuh bergerak di sebelah kiri karakterku, suaranya akan masuk di audio sebelah kiri aja. Kalau musuhnya memutar di sekitarku, audionya juga ikut memutar. Seru banget, memberikan pengalaman lebih baik dalam bermain game dengan audio yang imersif.

Software Audio Pendukung dari Steelseries

SteelSeries GG merupakan software audio pendukung untuk headphone keluaran brand tersebut, termasuk Arctis Nova 1. Software ini membantu pengguna untuk melakukan pengaturan secara otomatis berdasarkan profil yang sudah tersedia atau bisa juga secara manual.

Melalui software SteelSeries GG aku jadi bisa membuat profil audio berdasarkan penggunaan headphone ini. Misalnya, profil untuk mendengarkan musik atau menonton film, bermain game, mengatur microphone, dan lainnya.

Software Steelseries GG

Steelseries juga membekali beberapa judul game yang sudah memiliki profil audionya masing-masing. Fitur yang keren lainnya, pengaturan mic sudah didukung oleh Clearcast AI Noise Cancellation! Masih early access, sih, tapi ini membantu sekali buat mereduksi kebisingan saat berbicara di mic. πŸ‘

Sesungguhnya ada cukup banyak fitur yang tersedia di SteelSeries GG, seperti Moments untuk merekam clip saat bermain game, 3D Aim Trainer, dan Engine untuk pengaturan kustomisasi device. Nah, untuk Engine ini sayangnya tidak bisa digunakan di headphone ini karena Arctis Nova 1 tidak dilengkapi dengan fitur RGB light dan surround sound system yang bisa mengatur audio secara virtual. Alias headphone ini masih menggunakan stereo sound.

Baca Juga  Game Wrap Up 2023 versi Playstation

Kesan Menggunakan Steelseries Arctis Nova 1

Setelah menggunakan headphone ini untuk beberapa waktu dan di berbagai macam situasi, aku merasa nyaman dan cocok! Sejujurnya menurut aku lebih nyaman dipakai saat berjilbab atau enggak langsung kena kuping gitu.

Kalau dipakainya langsung di telinga dalam waktu yang cukup lama, agak pegal juga kupingnya. Meskipun earcupnya cukup besar dibandingkan headphone biasa, namun karena bentuknya bulat jadi kurang pas di telinga yang bentuknya oval.

Di samping itu, enggak banyak hal yang mengganggu selama menggunakan headphone ini. Pokoknya, sejauh ini aku merasa nyaman menggunakan headphone ini. πŸ₯°

Nyaman dalam arti sebagai berikut:

  • Pengalaman mendengarkan audio yang imersif untuk bermain game, mendengarkan lagu, dan menikmati film.
  • Microphone yang tidak mencolok dan sudah dilengkapi dengan noise cancellation melalui software SteelSeries GG.
  • Bentuknya yang cukup compact bisa dimasukkan ke dalam pouch headphone pasaran (enggak perlu beli pouch khusus) dan ringan. Kabelnya juga bisa dicopot.
  • Tampilan headphone yang casual. Meskipun termasuk ke dalam kategori gaming headphone, tampilan desainnya enggak besar dan begitu mencolok. Oke untuk dipakai saat perjalanan.
  • Dan satu lagi, banyak yang jual earcup penggantinya kalau sudah bapuk.

So, yeah, aku puas banget dengan headphone pilihanku ini. Semoga aja awet jadi enggak perlu gonta ganti lagi. πŸ˜€

Informasi Detail Steelseries Arctis Nova 1

Kalau mau tahu fitur lebih banyak tentang headphone besutan Steelseries satu ini bisa cek di bawah ini atau langsung aja mampir ke website-nya, ya!

βš™οΈ Fitur Steelseries Arctis Nova 1
  • Sistem Akustik Nova memiliki fitur High Fidelity Driver yang dirancang khusus untuk kualitas audio yang superior
  • Headset yang sangat ringan dengan 4 titik penyesuaian di ComfortMAX System untuk kenyamanan yang sempurna
  • Mikrofon peredam bising ClearCast Gen 2 menggunakan algoritma AI untuk mengurangi suara latar belakang untuk komunikasi yang jernih
  • Cocok untuk semua platform PC dan konsol dengan jack 3.5mm, cocok untuk perangkat mobile di mana saja
  • Kontrol onboard yang nyaman dengan tombol volume dan tombol mute suara pada headset
  • Tentukan lokasi musuh jauh sebelum Anda melihatnya dengan Sonar, sebuah terobosan baru dalam suara gaming
πŸ›οΈ Beli Steelseries Arctis Nova 1 via Shopee atau Tokopedia
Steelseries Arctis Nova 1 via steelseries.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *